Dalam dunia usaha atau bisnis pun juga perlu melakukan terobosan agar bisa tetap eksis di mata pelanggan dan bisa membuat usaha semakin berkembang dan tetap bisa bersaing dengan kompetitor
Dalam kesempatan kali ini, bisausaha.com akan membahas bagaimana sih cara bersaing dalam Bisnis secara sehat? apalgi buat Anda pemula, wajib memperlajari semua hal yang berkaintan dengan dunia bisnis
Nah, berikut ini beberap hal yang harus Anda lakukan agar bisa bersaing dalam Bisnis secara sehat. Semoga hasil rangkuman bisausaha beriktu ini bisa bermanfaat
Cara bersaing dalam Bisnis secara sehat
Terjun ke dunia Bisnis membuat kita harus siap mental, siap terus berfikir agar bisa bertahan di dunia usaha yang rentan sekali dengan persaingan dan juga naik turunnya usaha
Dengan begitu, kita selaku usaha harus siap bersaing dalam kondisi apapun dan yang terpenting adalah saingan secara sehat
Nah, berikut ini beberapa tips agar Anda bisa bersainmg dalam bisnis yang semakin ketat di era glogalisasi
Jadi, Anda juga harus tau apa sih kebutuhan konsumen. Dan bagaimana cara Anda agar sebagai konsumen bisa terpenuhi dengan baik
Jadi, bisa dari segi pelayanan yang harus Anda tingkatkat, buat konsumen semakin percaya dan merasa pusa dengan pelayanan usaha Anda
Jadi, terima kritik dan saran yang membangun dari konsumen, terapkan dan amati hasilnya.
Menambah varian produk bisa menjadi setrategi cara bersaing dalam bisnis. Jadi, terus amati trend yang sedang populer dan aplikasikan ke produk Anda
Dengan begitu, kita selaku usaha harus siap bersaing dalam kondisi apapun dan yang terpenting adalah saingan secara sehat
Nah, berikut ini beberapa tips agar Anda bisa bersainmg dalam bisnis yang semakin ketat di era glogalisasi
Yang pertama, menjadi konsumen usaha Anda
Maksutnya gimana? saya seorang pengusaha kok jadi konsumen usaha saya sendiri? Jadi gini, maksutnya buat seolah-olah Ada sebagai konsumen. Misalnya Anda bergerak di usaha toko mainanJadi, Anda juga harus tau apa sih kebutuhan konsumen. Dan bagaimana cara Anda agar sebagai konsumen bisa terpenuhi dengan baik
Jadi, bisa dari segi pelayanan yang harus Anda tingkatkat, buat konsumen semakin percaya dan merasa pusa dengan pelayanan usaha Anda
Jadi, terima kritik dan saran yang membangun dari konsumen, terapkan dan amati hasilnya.
Kedua, terus melakukan inovasi
Sebagai pelaku usaha, kita wajib terus melakukan inovasi baru agar menarik konsumen. Apalagi jika anda seorang usaha dalam bidang produksiMenambah varian produk bisa menjadi setrategi cara bersaing dalam bisnis. Jadi, terus amati trend yang sedang populer dan aplikasikan ke produk Anda
Ketiga, mempermudah hubungan konsumen dengan usaha Anda
Jika dulu, membuka usaha dan kemudian menunggu sampai konsumen berdatangan. Tapi, untuk saat ini yang persaingan semakin ketat Anda harus berani mengambil langkah menjemput konsumen. Biasa orang bilang, "jemput bola, jangan hanya menunggu"
Nah, dalam hal ini kekuatan marketing usaha Anda harus di perkuat. Misalnya memberi kontak yang mudah dihubungi dan merespon dengan cepat
Jangan ragu untuk melakukan promo, dan menawarkan apa saja barang yang baru maupun lama agar konsumen menjadi tertarik
Selain langkah diatas, Anda juga bisa memanfaatkan kemajuan teknologi. Saat ini sudah banyaknya media sosial dan juga market place
Anda bisa menggunakan media sosial, misalnya Facebook, Instagram, WhatsApp untuk memperluas jangkauan konsumen Anda
Daftar dan menggunakn Market Place, seperti Tokopedia, Bukalapak dan lainnya juga bisa menjadi alternatif
Mengingat market plasce saat ini sudah menjadi pasar online yang cukup ramai. Ibaratnya, anda akan membuka toko online dengan modal gratis tanpa menyewa tempat
Keempat, terus belajar dan mengikuti perkembangan jaman
Tidak ada kata terlambat jika ada kemauan. Ya, buat anda pelaku usaha, jangan pernah putus asa karena keterbatasan kemampuan
Karena kemampuan bisa dipelajari, misalnya Anda sebelumnya sudah membuka usaha offline yang cukup sukses
Tapi, seiring waktu usaha mulai surut karena Anda belum memulai pemasaran secara online karena keterbatasan kemampuan di dunia teknologi
Jika sudah begitni, solusinya anda bisa belajar dan sambil belajar cari orang yang bisa menghandle kebutuhan marketing di online. Bisa dibilang mencari karyawan dan juga guru privat
Dengan begitu, seiring waktu berjalan usaha akan tetap bisa bersaing
Contoh bersaing dalam bisnis, usaha warung kopi
Agar lebih mudah, bisausaha.com membuat sebuah contoh usaha warung kopi agar bisa bersaing sehat di era saat ini
Kita tau kan, warung kopi sudah menjamu dimana-mana. Karena memang masyarakat kita sudah melekat dalam keseharian soal menikmati kopi
Tidak semua warung kopi bisa bersaing, karena siapa saja bisa membuka kedai warung kopi walaupun tanpa skill yang bagus
Nah, untuk bisa bertahan dalam persaingan. Kita bisa mengambil strategi dari segi pelayanan, fasilitas, dan kenyamanan
Dari fasilitas, misalnya anda menambah berbagai fasilitas agar konsumen semakin betah. Sebagai contoh menambah LCD monitor besar untuk nonton bareng
Buat tempat menjadi kekinian dengan desain yang unik, menambah WiFi dengan kecepatan tinggi agar konsumen semakin betah
Menyediakan wahana permainan, misalnya catur, dan sejenisnya yang bisa menambah keseruan menikmati kopi
Baca juga:
Kesimpulan
Bagaimanapun juga agar bisa bersaing dalam bisnis, kita harus bisa menyesuaikan dengan trend. Mengikuti trend yang sedang berlaku agar usaha yang kita jalankan tidak ketinggalan
Amati, terapkan dan lihat hasilnya. Dengan begitu usaha yang Anda jalankan bisa diterima konsumen untuk bersaing dengan yang lain secara sehat
Sampai disini tips cara besaing dalam binis yang semakin ketat di era Globalisasi saat ini. Semoga bisa menambah refrensi dan jangan lupa like dan share
Tidak ada komentar:
Posting Komentar